Tuesday, April 10, 2012

Semesta Dalam Rencana


    Percayakan Anda pada ‘kebetulan’, sesuatu yang tidak di sangka tapi terjadi begitu saja  Ataukah memang sudah direncana dengan pehitungan-perhitungan, ukuran-ukuran, kadar-kadar dan ketetapan-ketetapan tertentu?

    Percayakah Anda adalah suatu kebetulan bahwa setiap peristiwa, kejadian dan keberadaan muncul begitu saja tanpa ada unsur kesengajaan, niat dan tujuan. Bagaimana dengan gerak dan diam pada apa yang ada di alam semesta, dari partikel terkecil hingga batas terluar jagad raya yang tak terjangkau lagi oleh akal dan pengetahuan manusia ?

     Lalu bagaimana dengan gerakan ‘thawaf’ dari mikrokosmos hingga makrokosmos, dari proton dan elektron yang memutari neutron dalam setiap atom, rotasi bumi, bulan memutari bumi dan bulan bersamaan dengan gerakan bumi ber-revolusi mengitari matahari, hingga  gerakan gugus bintang dan galaksi ?

      Semua partikel bekerja dalam pola yang sama, ‘thawaf’ memutar berkeliling dalam keteraturan sempurna. Seluruh yang ada di alam semesta ini bergerak, meski mata kepala manusia menyangkanya diam. Dan tidak ada gerak keteraturan, baik benda hidup atau mati kecuali ada penggerak utama di balik semua itu.

Matahari dan rembulan beredar menurut perhitungan...“ (QS Ar-Rahman: 5)

Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah keteta[pan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat oeredarannya yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulandan malampun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.“ (QS Yasin: 38-40)

Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda (kebesaran Kami), kemudian Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu ternag benderang agar kamu dapt mencari karunia dari Tuhanmu, dan agr kamu mengetahui bilangan tahun dan perhiutngan (waktu). Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.“ ( QS Al Israa’ : 12)

Gerak sempurna, pola sempurna, perencanaan dan pengelolaan sempurna dari Kreator Agung Maha Perkasa Maha Daya, Tuhan alam semesta, Allah ‘azza wa jalla.  

Salam...
El Jeffry

No comments:

Post a Comment