Sunday, March 25, 2012

~ HIDUPKU,,,PILIHANKU...!!! ~

Hidupku adalah pilihanku, bebanku adalah tanggung jawabku. Aku berhak menentukan jalanku, pilihanku, bukan engkau, atau, dia atau mereka. Jiwaku merdeka, bebas dari kekuasaan mereka. Mereka bisa mengendalikan, mengekang dan membunuh tubuh- ragaku, tapi tidak pada ruh-jiwaku.

 Mereka mau berdusta, silahkan, tapi tak ada yang bisa memaksaku untuk melakukan hal yang sama. Aku berhak utk jujur, itu pilihanku.

Mereka mau ingkar janji, silahkan, tapi aku berhak untuk tepati janji, itu pilihanku, mereka tak ada wewenang memaksaku ikut ingkar, ini pilihanku.

Mereka mau khianat, juga terserah, aku berhak tunaikan amanat, ini pilihanku, apa yang kuperbuat, itu tanggung jawabku, dan aku tak bertanggung jawab terhadap pengkhianatan mereka, selama aku memang tak bekerja sama dalam pengkhianatan itu.

 Mereka tak berhak memaksaku korupsi, kolusi, mencuri, menipu, menjarah, merampok, memperkosa, menciderai hak- hak sesama, menebar kejahatan, kekejian dan permusuhan. 

Aku berhak untuk jujur, adil, menebar kebajikan, menyebarkan salam, mengusung persatuan, mengajak perdamaian dan membangun persaudaraan. Ini tanggung jawabku, mereka tak bisa melarang, mengganggu dan menghalangiku. Ini pilihanku, ini jalanku, ini hidupku. Ini kemerdekaanku.

 Aku berhak memilih agamaku, mereka berhak memilih agamanya, aku punya pilihan, mereka punya pilihan, semua punya tanggung jawab masing- masing dan tak berhak saling mengganggu.

Aku berhak meyakini apa yang aku yakini, mereka tak berhak memaksaku sebagaimana aku juga tak berhak memaksanya, inilah kemerdekaan, tidak ada pemaksaan, tidak ada penjajahan dan tidak ada pelanggaran hak-hak hidup dan pilihan jalan.

Mereka mau menempuh jalan ke neraka, itu adalah pilihan, aku hanya bisa mengingatkan, tapi tak kuasa menentukan, selebihnya bukan tanggung jawabku. Yang jelas mereka tak bisa memaksaku untuk menempuh jalan yang sama, jika aku memilih jalan ke surga, ini hakku, pilihanku, hidupku dan tanggung jawabku.

“ Seseorang tidak  bertanggung jawab memikul beban dan dosa orang lain... “ ***


El Jeffry

No comments:

Post a Comment